Kamis, 05 Januari 2017

TRIP STORY (KUSUMA WATERPARK, BATU-MALANG-JAWA TIMUR)

Hai gaes, kali ini saya ingin mengulas tentang Kusuma Waterpark di Batu, Malang, Jawa Timur. Saya kesini pada tanggal 4 Januari 2017. Kusuma Waterpark ini terletak di Jl. Abdul Gani Atas jadi kalau kalian kesini menurut saya terbagi menjadi 3 bagian gaes. Ada yang untuk wisata petik  apel dan buah lain, ada hotel Kusuma, dan Waterparknya. Tempatnya terpisah-pisahkan tapi mungkin tetap dalam satu  keluarga Kusuma Agro Wisata.

LOKASI 
Kusuma Agro Wisata terletak di Jl. Abdul Gani Atas, Batu, Malang, Jawa Timur dengan ketinggian 680 - 1.700 mdpl. (sumber : http://www.tempatwisatamalang.com/kusuma-agrowisata-batu-malang/) Tak heran suhu disini sejuk mungkin bagi Anda yang tidak terbiasa dengan suhu ini akan bilang disini dingin. 

TEMPAT PARKIR 
Tempat parkir mobil dan motor di tempatkan di tempat yang sama yakni di area parkir Wisata Petik Apel, parkiran cukup luas. Untuk parkir motor cukup membayar Rp. 3000 sedangan mobil membayar Rp. 5000. Untuk bis terdapat parkiran tersendiri yakni dari jalan menuju parkiran mobil dan motor masih agak naik sedikit , ada tulisannya kok “Parkiran Bis” untuk biaya saya belum tahu hehe. Karena saya kesana naik motor.

JALAN MENUJU TKP
Jalan menuju Kusuma Waterpark terbilang cukup mudah dan dapat di tempuh dengan berjalan kaki apabila Anda dari parkiran mobil, motor, dan bis. Anda cukup belok kiri sampai mentok kemudian ada jalan kecil (seperti jalan di perkampungan) dekat orang jual oleh-oleh nah di situ belok kiri lagi dan jalan lurus teruuus hingga menemukan ada tulisan Kusuma Waterpark. Nah selama berjalan kaki tersebut anda akan disuguhkan pemandangan berbagai macam hotel apabila anda ingin menginap, lapangan tenis, 1/2 lapangan basket, area untuk istirahat gazebo gazebo, ada taman bermain untuk anak-anak seperti ayunan, juga tak kalah penting tempat untuk oleh-oleh.
Suasananya sejuk karena letaknya berada di lereng Gunung....(panderman atau arjuno ya? Saya tidak tahu, hehe mon maap), jalannya sudah terpaving, dan banyak bunga dan pohon yang ditanam.

TIKET MASUK 
Tiket masuk Waterpark ialah Rp. 40.000 per orang. Baik dewasa maupun anak-anak. Yang memiliki tinggi dibawah 80 cm mungkin dikenakan separuh biaya atau tidak membayar sama sekali. Mon maaf gak begitu saya baca, tapi ada tulisan seperti itu.

FASILITAS
Di area waterpark terdapat beberapa bagian. Ada kolam Kopi untuk air hangat, tapi ketika saya kesana tidak hangat. Mungkin karena tidak ada yang berenang di kolam ini. 
(kolam kopi)
Ada kolam apel yang sangat cocok untuk bermain air bagi anak-anak, terdapat seluncuran mini, gerojokan air, air mancur, ember air dan banyak lainnya.

(kolam apel)

Ada juga kolam arus, saya tidak membaca nama kolamnya apa. Kolam ini terletak di sekeliling kolam apel dengan tinggi 1 meter. Anda dapat menyewa ban untuk dapat menikmati kolam arus ini.
(kolam arus)


Ada selancar jambu, selancar ini ada 2 jenis yaitu yang hanya 1 lengukan dan ada yang berkelok-kelok. Di arena selancar jambu ini ada kolam yang untuk anak remaja atau dewasa yang tinggingnya 1 meter hingga  1,5 meter. Kolam ini agak kecil dibandingkan kolam apel yang untuk anak-anak tadi.
(kolam jeruk dan selancar jambu)

Selain kolam ada juga gazebo, tapi gazebo ini harus menyewa Rp. 100.000 / 3 jam, jika anda tidak ingin menyewa gazebo anda dapat duduk di dekat tepat penitipan barang-barang yang letaknya agak jauh dari kolam namun masih dapat menjangkau untuk melihat kolam-kolam tersebut. 
(gazebo Rp, 100.000 / 3 jam )

(tempat duduk)

(tempat duduk)

Dan jika tidak ada yang menjagakan barang bawaan anda, anda dapat menitipkan di loker. Dengan membayar Rp. 5000 anda mendapatkan 1 coin untuk menyewa 1 loker 1 kali kunci saja. Loker ini unik karena kita hanya dapat 1 kali mengunci, apabila ada barang yang ingin di ambil lagi setelah dikunci maka kita wajib membeli 1 koin lagi untuk mengunci atau loker kita tidak akan terkunci, hmm cukup kreatif.


Kalau anda ingin renang tapi gak bawa baju renang, lupa gak bawa sabun sampo, atau gak bawa pakaian dalam, ooouch its nightmare but keep claaaam. Disini juga tersedia kok berbagai macam perlengkapan untuk berenang dan sesudah berenang. Ada pakaian renang (entah disewakan atau diperjual belikan), sampo sabun, pakaian dalam, minyak kayu putih, dll.

Untuk kamar mandi sudah cukup bersih dan nyaman, tersedia air dingin dan hangat , namun untuk kaca penyekat agak sedikit terawang ketika terkena air bilas, untuk orang yang pemalu contohnya saya membuat hal itu tidak nyaman hehe.
Anda dapat menyewa ban pelampung untuk kolam arus , untuk harga saya tidak tahu karena saya tidak menyewa ban hehehe.
Jika lapar anda, telah tersedia food court yang menjual berbagai macam makanan seperti sate ayam, sate kelinci, p*p mie, aneka minuman, dan lain sebagainya.
Jika sudah selesai berenang dan bersiap untuk pulang jangan lupa untuk membeli oleh-oleh baik untuk diri sendiri atau para tetangga. Di jalan menuju pulang anda akan melewati toko oleh-oleh yang berada di kawasan Kusuma Waterpark ada kripik, minuman, kaos, dll.

Menurutku dan pinginku
Menurutku :  menurutku, Kusuma Waterpark sudah sangat bagus pelayanan dan fasilitasnya. Pegawainya ramah-ramah, lifeguard selalu stand by, dan untuk kebersihan saya acungi jempol.


Pinginku : untuk seluncur yang berkelok-kelok berada di kawasan seluncur jambu airnya di tambah atau bagaiman caranya agar kita para penikmat seluncur dapat lancar turun ke bawah tanpa tersendat, untuk tempat duduk para penunggu dan yang tidak renang saya harapkan ditambah lagi. kalu bisa yang ada penututpnya seperti gazebo tapi geratiiiis. hehehe

1 komentar:

  1. Cukup bagus ya. Kalau dari beberapa komentar teman, memang tempat duduk untuk penunggunya kurang. Gazebo harus sewa

    BalasHapus