Sabtu, 07 Januari 2017

TRIP STORY ( COBAN RAIS, BATU)

Haiii gaees ketemu lagi. Tanggal 6 Januari 2017 kemarin saya bersama teman-teman saya jalan-jalan ke Coban Rais nih gaees. Gak sampai Coban Raisnya sih gaes, karena kita kesana cewek-cewek jadi nggaada yang memotivasi untuk kesana :’) dan waktu itu habis hujan jadi takut kenapa-napa (re: kepleset) hehe. Oke lets review!!!

LOKASI
Coban Rais berada di Desa Oro-Oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur. Ada 2 alternatif jalan melewati Desa Junrejo atau lewat Jawa Timur Park 2 atau Secret Zoo. Melalui Desa Junrejo perjalanan kalian akan lebih dekat dari pada lewat Secret Zoo.

Dari Desa Junrejo, kalian tinggal lurus terus aja hingga bertemu perempatan kemudian belok kiri dikiit akan ada tugu apel. Dari tugu apel belok kanan luruuuus terus ajaaaa sampai ketemu Predator Fun Park, luuuurus lagiii ikutin jalaaan sampai ketemu palang Coban Rais belok  kiri, lurus terus ajaaaa nanti ada palang lagi. Kalian akan masuk gang kecing dengan ketinggian yang lumayan curam, mending yang pakai motor lewat sini aja karena kemarin ada mobil yang lewat situ satu gang jalan tersebut penuh sehingga kita harus minggir-minggir banget hehe.
Kalau lewat Batu Secret Zoo kalian tinggal lurus terus ajaaa ikutin jalaaan sampa ketemu palang Coban Rais belok kanan dan arah selanjutnya seperti di atas.

Kalau bingung Google Maps dapat menunjukan jalannya kok hehehe.

TEMPAT PARKIR
Tempat parkir disini cukup luas, ada tukang parkir yang stand by untuk menolong kalian mengeluarkan atau memasukkan motor. Biaya parkir untuk motor Rp. 3.000
(ada yang outdoor)

(ada yang indoor)

Sedangkan mobil juga tertata rapi, ada tukang parkir yang bersedia memandu mengeluarkan mobil. Untuk biaya parkir mobil kurang tahu namun sepertinya kurang lebih Rp. 5.000
(parkir mobil)

Namun sayangnya kami tidak diberikan karcis parkir sehingga apabila terjadi sesuatu pada motor hal itu tidak dapat dipertanggung jawabkan.


TIKET MASUK
Tiket masuk seharga Rp. 10.000 untuk masuk kecobannya, sedangkan disini ada 4 spot baru yaitu ayunan, hammock, flower garden, dan tempat buat foto yang lagi hits dengan latar “I love u”. 
(tempat penjualan tiket masuk)

Tiketing 4 spot tersebut terdapat di dekat flower garden, dengan biaya Rp. 25.000 untuk tiket terusan menikmati fasilitas Flower Garden dan Hammock-Hammock gitu, sedangkan 2 spot lain yaitu ayunan dan foto “i love you” membayar lagi Rp. 10.000 per spot. 
(pengumumannya)

Jika kalian membawa kamera SLR sendiri dan ingin kalian gunakan pada tempat-tempat tersebut membayar lagi Rp. 15.000 perspot dan jika kalian membawa Y* cam, G*pro membayar lagi Rp. 10.000 per spot.

Kenapa membayar lagi? Karena ketika kalin membayar biaya masuk spot sudah ada mas fotografer yang siap motoin kamu dari berbagai angle dan ketika sudah puas foto kalian bisa mengambil salah satu fotonya di bagian tiketing tadi.

JALAN MENUJU TKP
Jalan menuju spot-spot ini terbilang cukup mudah meskipun masih banyak lubang dan becek disana sini namun sebagian jalan sudah terpaving. Jaraknya dari pintu masuk terbilang cukup dekat namun jika ke cobannya agak sedikit jauh hehe.
(keadaan jalan 1)

(keadaan jalan 2)


(keadaan jalan 3, sudah setengah paving semoga lancaaar)


(becek, ada ojek kok tapiii hehe)

(setengah paviiing, semangaaat)

Melalui jalan ini kalian akan disuguh kan di kanan kira oleh pemandangan pohon pinus dan pemandangan bukit-bukit di sebrang sana.


Saat perjalanan juga tersedia beberapa tempat sampah, sehingga kita tidak membuang sampah kita sembarangan.


FASILITAS
Di dekat pintu masuk ada warung-warung yang berjualan makanan dan minuman yang siapa tau kalian lapar sebelum berjalan atau belum sarapan hehe. Ada gazebo-gazebonya juga kalau kalian ingin  istirahat sejenak.
(warung makan)

Ada mushola juga di dekat tempat parkir.
Telolet? Eh, Toiletnya ada kook dekat tempat parkir jugaaa.
Saat sudah di perjalanan menuju tempat-tempat hits itu ada yang jualan lagi kalau kalian bosen makan mi atau yang instan-instan. Ada makanan kebanggaan Kota Malang yaitu SEMPOL! hehehe, ada cilok biasa ada cilok bakar hehehe. Ada yang jual minuman jugaaaa. 


Karena saya berkunjung pada hari jumat spot pertama yaitu ayunan, saat itu masih di tutup juga keran mendung yang akhirnya hujan spot-spot tersebut banyak yang di tutup sambil menunggu orang-orang selesai jumatan. Jadi saya tidak sempat melihat bagaimana spot ayunan tersebut.

Spot kedua “i love you” spot ini merupakan alas  untuk berfoto di atas tebing dengan tulisaanya I (bentuk love) U. Yang baru jadian, yang udah jadian, jadian lama, atau bahkan sudah menikah cocok banget foto disini. Sama sahabat bareng-barang juga cocok, sendirian juga cocok (hem).


Spot ketiga yaitu hammock. Hammock merupakan tempat ayunan yang digunakan untuk tidur saat berkemah. Hammock disini memiliki banyak variasi, ada Hammock Tower, Spider Hammock, Triangle Hammock dan Cafe Hammock. Lokasinya ada di atas bukit.


Spot keempat ada Batu Flower Garden yaitu spot yang berisi bunga-bunga yang tertata dengan rapi. Terdapat banyak tempat yang cocok untuk berfoto.

Namuuun kalau mau foto atau difoto di spot tersebut harus gantian yaa sesuai tiketnya karena mas fotografer memotret satu persatu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kalau sudah puas berfoto jangan lupa diambil file fotonya , pilih yang paling bagus yaaa.
Moon maap judulnya Coban Rais tapi saya tidak menunjukan Coban Raisnya :’) karena itu tadi habis hujan takut kenapa-napa dan saya kesananya bersama cewek-cewek aja sehingga kurang motivasi untuk menuju kesana (re : lemah) hehehehe

Oh ya, kalau kalian gak suka jalan ada ojek yang siap mengangkut kamu hingga sampai pintu depan looo.

Menurutku dan Pinginku
Menurutku : spot-spot tersebut menarik, semua spot memiliki pemandangan yang berbeda sehingga memiliki sensasi yang berbeda. Ketika foto di “i love u” , merasakan ayunan (berdasarkan cerita teman yang pernah merasakan rasanya sangat mendebarkan) , di hammock, dan yang terakhir di Batu Garden Flower.

Pinginku : untuk bagian tiketing spot-spot foto yang telah saya ceritakan di atas sebaiknya berada sebelum spot-spot tersebut. Karena menurut saya tempat tiketing tersebut berada di dekat Batu Flower Garden sedangkan ketiga spot lainnya berada sebelum tiketing tersebut. Ketika kita foto di tempat ayunan maka untuk mengambil file foto kita harus berjalan lagi menuju tempat tiketing dan itu melewati tanjakan. Mungkin bagi yang tak kenal lelah itu bukan sebuah masalah tetapi yang gampang lelah, saya misalnya harus 4 kali jalan menuuju tempat tiketing tersebut. 1 kali beli tiket, 1 kali menuju ayunan, 1 kali lagi kembali ke tempat tiket untuk mengambil file foto, dan 1 kali jalan lagi untuk pulang.

Untuk spot “i love you” sebaiknya diberi pengaman karena takutnya karena hujan, keasyikan foto atau faktor lainnya dapat menyebabkan jatuh ke jurang. Karena spot tersebut bawahnya sudah jurang. Tapi semoga tidak ada korban yaa baik di spot ini maupun spot lainnya.
Intinya dimana saja kalian berpijak, selalu ingat untuk berhati-hati. Jangan demi menghasilkan hasil foto yang bagus kita merelakan keselamatan kita sendiri.

Semoga kedepannya Coban Rais dan spot hits-hits tersebut semakin berkembang lagi dengan memperbaiki infrastuktur yang sudah dibuat. Tapi secara keseluruhan tempat-tempat tersebut sudah baguuuus, jos gandos!

Terima kasih sudah mampir ke blog saya, semoga bermanfaat. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar