Selasa, 17 Januari 2017

Nostalgia SMS-an, Kangend Beuuudt!

Haii gaes! Hampir tiap hari hujan nih, mau keluar jadi kepending akhirnya nulis aja deh hehe. Oh ya saya itu orang yang aktif di social media. Mulai FB, Blog, BBM, LINE, WhatApp, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagii yang gak bisa saya sebutkan karena banyak yang tidak saya urus lagi socmednya. Kenapa? karena gak ada temennya, ribet untuk digunakan, dll.

Oya tapi sebelum ada socmed itu, kalian tau kan kita komunikasi pake apa? Yaps tul, surat. Eeeeh bukaaan! Tapi SMS, nah. Jadi dulu itu sebelum ada socmed yang keren-keren kaya sekarang kita pake SMS. Apalagi anak 90an , SMS paling berjaya saat itu :D (saya anak 90an juga loo hehe). Ngaku deh siapa yang waktu itu PDKTnya pake SMS. Masih kesimpen ngga tuh SMSnya? :D

Kalau sekarangkan socmed yang keren itu pake kuota, jadi kalo gak ada pulsa gak masalah yang penting K U O T A. Kalo duluuuu pulsa itu wajib punya, kita juga berburu cari operator yang biaya smsnya murah bahkan gratis. Benerkan?

Bagi kalian yang mungkin jarang banget menggunakan SMS atau bahkan gak pernah sama. Kali ini saya mau bernostalgia sama SMS nih. Khususnya yang Handphone jadul yaa hehe, yang belum touch screen. Keep Scrolling.

Sendiri-sendiri
Jadi antara SMS masuk sama SMS terkirim di bedain tempatnya. Ngga jadi satu kaya HP bagus jaman sekarang hehehe. Kalau sekarang kan dalam 1 nama udah ada SMS terkirimnya sama SMS masuknya. Kalo di HP yang biasa yaaa sendiri-sendiri hehehe.
Selain ada Pesan Masuk dan Pesan Terkirim ada juga yang namanya Draf, Pesan Keluar dan Pesan Tersimpan. Draf itu kalo misalnya kita udah ngetik banyak tapimasih bingung mau nulis apa lagi pesan kita bisa disimpan di draf. Kalau pesan keluar itu berarti pesan kita masih belum terkirim atau gagal terkirim, biasanya sih gara-gara pulsanya habis atau gak ada sinyal hehe. Kalau pesan tersimpan akan di jelaskan di bawaaah :3

Ngetik 1-2-3 kali
Jadii karena dulu hapenya jadul kita harus ketik 1-2-3 kali baru dapet hrufnya, misal mau ketik ‘OPA’ jadi ketik dulu pada tombol nomer 6 tiga kali, dapet huruf O. Terus ketik nomer 7 satu kali dapet huruf P, lanjut ketik tombol nomer 1 satu kali dapet deh huruf A nya. Habis itu tersusun lah kata-kata ‘OPA’

Seni dalam ngetik pesan
Ingatkah kalian? Sebelum mengetik huruf terlebih dahulu kamu tambahi tanda . (titik) atau , (koma) ataaau . , (titik koma) atauuu lagi – (strip) dan lain-lain. Ingat?
Yaa saya juga ngalami kok kalo saya dulu ngasih tanda titik (.) sebelum nulis hurufnya hehe. Terus di akhir entah itu kalimatnya kalimat tanya, kalimat perintah pasti saya kasih tanda !? (tanda seru dan tanda tanya) hehehe. Setiap mau ganti garis saya ngasih 2x tanda enter jadi agak jauh gitu antara kalimat satu dengan lainnya.
Seni dalam ngetik pesan ini unik loo, jadi setiap orang punya ciri khas yang berbeda :D





Tanda Tangan
Pernah ngga kalian menerima pesan dari seseorang terus di bawahnya ada sebuah kalimat atau kata-kata yang sama ketika kalian menerima pesan dari orang tersebut? Pernah pasti :3 jadi itu namanya tanda tangan gaees. Biasanya sih buat pertanda aja kalo itu pesan dari kita, tapi gak jarang dulu anak-anak muda mudi ngganti kalimatnya jadi bukan tanda tangan. Misalnya quote, nama pacar (ehem), nama geng, nama panggilan, dll.

RIP EYD
Hayooo ngaku, pasti kalian pernah kan nulis kata tapi BeSaR kEcIl nya nGGa di TatA? Atau pada kata tersebut ada angkanya s3b4gai p3ngg4nt1 huruf? Atau kalian menyingkat-nyingkat sebuah kata (biasanya biar g ngehabisin bnyk pulsa, bgi yg pakai operator yg hitungan smsnya perhuruf :p)? Ataau daLam kata kaLian ada 1 huruf yang sengaja dibesarkan? Atauuu kaliyand menambah-nambahie hoeroef dalamb Ssathu kaddtah? Hemmmpt. Oh terakhiiir, kalian ubah sendiri kan kata bakunya cecuai dengan iiaang calian cuka?
Aaah pasti semua pernah mengalaminya  :3 saya juga kok h3h3h3
Jadiii ada nih yang sengaja nulis kata tapi besar kecilnya huruf gak ketata misalnya : aku sayang ibu kalau di ubah jadi.......
Variasi 1 : AkU SAyaNG IbU
Variasi 2 : 4ku 5ay4n9 1bu
Variasi 3 :  Ak syg ibu
Variasi 4 : akU sayang ibU
Variasi 5 : Akkhue Saiiiyanggk Ibhue
Variasi 6 : Q Caiiiangk Iboe’
Wkwkwkwk , hayooo kalian iiang mana tuch dari variasi di atazz? :p

Emoticon dari tanda baca
Naaah ini seru banget, kita bisa bikin emoticon sendiri niih. Sesuai dengan tanda baca yang bisa kita rangkai. Umumnya sih.... :) :D :o :p :B :3 :b :d :s :v ;) :* :x B) 8) o:) :’( :|

Tapiii ada juga variasi laiiin kayaak.... (u,u) (u.u) (><) (>.<) (>,<)  (-_-a) (‘.’ ) (^^) (^-^) (^_^) (\^_^\) (/^_^/) (\^_^/) (*\^_^/*) (\^^/) (^^v) (~^^~) (-.^) (^~^) (._.) (._.a)  (._.v)  (o.o) (o_O) (o_o) ( :] ) ( :[ )     ( :} ) ( :{ ) ( c: ) (=.=) (=,=) (=.=”) (==) (x_x)  (x,x) (x.x) (@.@) (@_@) (-_-) (-.-) (-_-‘) (-_-‘’) (-.-“)  ( - -“)
yaaaps kurang lebih itu, tanda baca yang dapat kita temukan dan di rangkai di HP kita. (bukan emoji loo atau emoticon yang bisa lempar kursi, bawa trisula, yang ngasih upil, bawa pistol dll )

Pending
Naah dulu kalo sms gak ada tuh pemberitahuan udah di ‘read’ , ‘deliv’ , ‘centang satu’ , ‘centang dua’ , ‘centang biru’ mungkin ada beberapa HP yang menyediakan fasilitas udah terkirim sama si penerima tapi ngga secanggih sekarang dan dulu ngga semua HP ada fasilitas itu hehe.
Dulu tuuuh kalau pending atau gak masuk-masuk pesannya ke doi penerima pesan bikin geram, biasanya yang kita lakukan adalah mengirimnya lagi 2-3 kali tapiiii bisa-bisa pesan yang masuk ke doi bisa sampe 10 x loo. Entah kenapa?
Pending itu bisa bikin kita negatif thinking, pasti mikir ngga-ngga tentang si doi. Padahal si doi lagi gak punya pulsa hehehe.

160 kata, kalau kelebihan kepotong
Jadii SMS itu hampir sama kaya Twitter Cuma di batasi 160 kata ajaaa bisa lebih sih tapiii berarti itungan pulsa yang ke pake 2x SMS itu. Biasanya di atas atau dipojok-pojok tempat buat ngetik itu ada sebuah rumus yaitu (160/1) , (90/1) , (175/2) apa itu artinyaaa? Pecahan? Bukaaan!
Artinya......
(160/1) berarti kalian masih punya 160 huruf untuk di tulis pada SMS atau halaman yang pertama.
(90/1) berarti kalian masih punya 90 huruf untuk di tulis pada SMS atau halaman yang pertama. Jadi kalian udah nulis 60 huruf kan? (termasuk spasinya)
(175/2) artinya kalian udah nulis 175 kata jadiii pesan kalian udah ada 2 halaman atau memakan 2 SMS
Dst.
Daan gak jarang SMS yang isinya panjang-panjang kepotoong atau bahkan masuk beberapa kali. Tapiii ada juga kok yang ngga kepotong.

Kartu Ucapan = Broadcast Message
Biasanya kalo mau mendekati Lebaran atau Hari Raya banyak banget nih yang kirim kartu ucapan. Pasti ada beberapa yang sama (kadang males bikin sendiri akhirnya copy paste aja deh :p) . Naah biasanya kita kan kirim ke banyak orang kita harus manual nih gaes ngirimnya jadi kita kirim ke satu orang dulu, setelah ke kiri kita cek di sent messsage. Di buka lagi pesannya terus di terusin ke orang lain, dan polanya sama sampai semua orang yang kita inginkan dapat SMS itu.
Sama seperti BC (Broadcast Message) di BBM tapi kalo di BBM kan tinggal klik-klik ajaa, kalo di SMS manual bro.
Selain kartu ucapan kadang ada yang lucu-lucuan jugaa biasanya sih kita bakal ngesent lagi kiriman SMS lucu tersebut ke orang tertentu dan berharap orang itu menanggapi guyonan jugaa.
Ada lagi yang sifatnya bikin kepo dan mengancam. Jadiii ada SMS nih yang misal tulisannya gini “kirim sms ini ke semua kontak kamu, kalau yang balik lagi 1-5 kamu akan lulus ujian, kalau 6-10 kamu akan dapet pacar, kalau 11-15 kamu akan menjadi panutan banyak orang...dst.” naah semacam ini kan bikin kepo, kita akan mendapat apa. Beda sama yang SMS nyeremin, misal gini “kalau kamu tidak meneruskan pesan ini, maka arwah hantu mantan akan mendatangimu malam ini”. Naah ini kan namanya mengancam, biasanya kita juga takut sendiri, dan kalo kebetulan kita gak punya pulsa, hmmm kelar hidup lo!
Dulu mah percaya ajaaa kita hehe, biar ada temen SMSan jugaaa :3


Pesan tersimpan
Tadi di atas udah disinggung pesan tersimpan yaaa, jadi pesan tersimpan itu bisa buat nyimpen pesan yang masuk ke HP kita. Sebenernya hampir sama kaya draf tapi beda. Kalau pesan tersimpan menyimpan Pesan yang masuk sedangkan draf menyimpan pesan yang kita ketik sendiriii. Pesan tersimpan biasanya memuat 20 pesan ajaaa.
Naah pesan-pesan yang tersimpan ini biasanya pesan yang bisa dikirim kesemua orang, kaya ucapan Hari Raya, lucu-lucuan, tebak-tebakan, dll. Tapiii gak jarang yang nyimpen pesan dari orang yang tersayang (ehem). Misalnya doi lagi so sweet naaah SMSnya di simpeeen, karena dulu gak jaman screen shot hehehe.

Gak bisa nyimpen banyak pesan
Kita harus rajiin ngehapusi pesan-pesan kita. Karena kalo gak di hapuuus pesan yang baru gak akan bisa masuk karena full. Nah! Jadiii kita harus milihin mana yang perlu di hapus mana yang ngga :3

Kamus Baru
Ini diaaa, sebagai mantan pecandu SMS kita pasti punya kata-kata baru. Entah singkatan atau bahasa inggris. KAMUS BAHASA SMS
Eo, ia, he.emb, iy, y, yoyoy, yayay, iyay, iyaw, yaw, yap = IYA
Coz, cz = berasal dari bahasa inggris ‘because’ yang disingkat jadi ‘cause’ yang artinya KARENA
Btw = By The Way artinya OMONG-OMONG
Lum, Lumb, Lom = BELUM
Sbb, Cbb, Stb, Mbb = Sory baru bales, Cory baru bales, Sory telat bales, Maaf baru bales maknanya sama Cuma kaya depannya yang di bedain :’)
Gmw = GAK MAU
Gtw = GAK TAU
Gpp = GAPAPA
5fin = MAAFIN
S7 = SETUJU
Maafed = UDAH DIMAAFIN :’)
Q , q , Aq, aQ, Ak, AKoe = AKU
Qm, Amu, Amoe, Kamoe = KAMU
Liak, Liadt, Liath, Liyat, Liiat = LIHAT
Hahak, Wkwkw, Xixixi, Xoxoxo, Ahihihi, = KETAWA :’)
Jahak = JAHAT
Juja = JUGA
Lophe, Luph, Lovhe, Luphe = LOVE (cinta) :3
Hemb, Ehemb, Hufft, Hufetd, Huph = HMMM
X , ny = NYA
Beuudt =BANGET

Hayooo ngakuuu, pasti pernah kaan pake salah satu kata di ataaas? :3 Hm? Hm? Gapapa akui sajaa, semua orang pasti mengalami kok :p

Btw masih banyak juga kok pengguna SMS jadi masih merasakan suka dukanya SMSan hehe. Masih banyak pula yang menggunakan kamus SMS dalam menuliskan pesan singkat, saya juga :D mau seperti apa tulisan di dalam pesan singkat tersebut yang terpenting adalah penyampaikan pesannya. Jangan sampai orang yang membacanya gagal paham dengan isi pesannya :D jika mau mengirim pesan jangan lupa untuk dibaca ulang, siapa tau ada yang kelupaan atau ada kata yang kurang pas :D oh yaaaa, bedakan mengirim pesan dengan teman sebaya dan orang tua yaaa :D kalau kirim pesan ke temen gapapalaah mungkin pakai bahasa yang unik-unik tapi ke orang tua, guru, atau siapapun yang lebih tua biasakan salam dan sampaikan isi pesan dengan bahasa jelas dan mudah dimengerti :D ingat waktu juga kalau kirim pesan, jangan kirim pesan ke Guru jam 11 malam, pasti akan menganggu dan mungkin gurunya sudah tidur hehehe :D

Kayaknyaa Cuma itu aja yang bisa saya ingaat dari SMS. Sebenernya masih banyak lagiii, tapi keterbatasan ingatan dan sekarang udah gak punya HP yang jadul-jadul gitu jadi gak bisa membeberkan semuanyaa :’)

Seenggaknya kalian bisa sedikit bernostalgia dengan SMS, mungkin juga punya kenangan manis waktu SMSan atau di tembak di SMS (ehem).
Kalian punya pengalaman juga ngga waktu masih jaman SMSan berjaya? :D share di kolom komentar yaaa :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar