Sabtu, 01 Juli 2017

KKN Story Pt 1 (awal dari sebuah perubahan)




Haiiii udah lama nggak ngeblog. Sebenernya dari dulu banyak banget yang mau ditulis tapi karena keterbatasan waktu dan tak terhingganya rasa “mager” jadi nggak nulis-nulis. Tapi gak papa lah yaw daripada blognya banyak sarang laba-laba dan debu. Aku mau ngisi nih. Jadi kira-kira sebulan lalu aku kan ada KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Malang aja kok tepatnya di daerah Kepanjen. So, hari ini aku mau cerita tentang kegiatan KKN ini yang mengubah 106,5 derajat hidupku. Loo kok nggak 180 derajat? Biasanya kan segitu? Yaa karena KKN ini ngga ngubah aku seluruhnya, me is me. Apalah, kuy simak yaaa.


Jadi KKN itu salah satu program dari kampusku di Malang. Pelaksanaannya waktu liburan semester genap kemarin (smt 6 btw). Jadi tiap anak di tempatkan di daerah yang (katanya) terpencil dan dirasa kurang maju. Nah tugas kita sebagai mahasiswa yang udah punya banyak ilmu untuk mengembangkan dan memajukan desa tersebut melalui program-program kerja dan kegiatan. 

Kebetulan aku di tempatkan di Desa Tegalsari, Kepanjen. Desa ini deket sama Stadion Kanjuruhan yang biasanya persepakbola Arema main disitu tu sama wisata edukasi Milkindo. Menurutku Desa ini ngga terpencil amat karena masih bisa menjangkau sinyal internet :’) jalannya juga udah di aspal :’3 udah banyak toko yang jual berbagai macam barang :’D  jadi kita sebagai mahasiswa KKN memfokuskan untuk memajukan dan mengembangkan Sumber Daya Manusianya, dari pendidikan, sosial, ekonomi, dan lain-lainnya.

Sebelum ketemu, grup chat.....
Oya btw setelah ada pengumuman dimana tempat kita KKN dan siapa temen kita. Aku lo yang pertama kali bikin grup untuk KKN :’) dan nyari temen-temenku lewat instagram. Aku inget pertama kali anak jurusan matematika (nantik aku kenalin) yang langsung bales chat ku di instagram, aku sok kenal gitu ke dia (jurus andalan, sok kenal) terus minta tolong dia buat cari temen-temen yang lain. 

Selain dia aku juga ngechat anak-anak lain, tapi herannya gak ada yang bales chatku, padahal mereka onlen, dan baca chatku :”””” (jahat ya) dan temenku anak jurusan madura eh matematika itu dapet kontaknya banyak anak. Huhuhu sedih deh. Mungkin dia lebih menarik daripada aku ya :’) lebih menyenangkan untuk di chat daripada aku. Hiks.
 (asal mula berdirnya grup KKN, tgl 25 April 2017)
Oya jadi grupnya aku namain “PANJEN ASIK ASIK JOS” tapi habis itu ganti soalnya ada yang bilang kalau namanya gak jelas  :’) huhu, habis itu tak ganti “KKN PANJEN OYE” wkwk. Entah kenapa grupnya ngga dinamain nama desanya yaitu Tegalsari Oye Jos atau apalah. Tapi gak papa asal bukan namanya mantan  yang di pasang hehe (krik)


  (pergantian nama grup)
Kemudian udah dapet beberapa anak, kenalan, “kenalin aku .... dari jurusan...asalnya dari....” , dari chat disamping ada 2 pilihan jawaban dari temen-temen. 
Jawaban 1 : oya salam kenal yaaa
 (ini dia jawaban yang pertama kalo ada yang habis kenalan)
Jawaban 2 : eh kamu temennya/kamu kenal....

 (fokus sama yang chat terakhir ya, itu jawaban kedua kalo ada yang habis kenalan)

Habis itu chatnya  guyon-guyon receh dan gak jelas dan biasanya gak dihiraukan..... :’D ha ha ha
(receh :'D ) 

Awal Ketemu Langsung
Oya disini kita genap berdua puluh orang dari masing-masing jurusan. Ada dari ekonomi, geografi, olahraga, kimia, fisika, matematika, bk, administrasi, ppkn, pgsd, surabaya, madura, probolinggo...gak gak bercanda, tapi yang awal-awal serius (?) Pagi itu aku sama temenku yang jurusan pgsd, pendidikan guru sekolah dasar (ini juga nantik tak kenalin) berangkat barengan ke gedung yang dituju. Pertama nunggu diluar dulu, liat anak-anak dari grup chat yang pada tanya “kalian dimana?”, “pake kerudung apa?” , “aku disini..” , daaan akhirnya aku dan temenku ini ketemu mereka. Salaman , kenalan, senyum, dempetan atau SKSD :3 wkwkwk (krik) 
 (diajak kumpul jadi satu, satu hari sebelum pembekalan)
 (pas hari H, saling mencari diantara ratusan mahasiswa)
 (masih mencari.....)
terussss kita di kumpulin di sebuah tempat untuk dapet ‘bekal’ seputar KKN, sambil kenalan sama temen baru kita sambil nyari-nyari topik biar ngga diem aja :p setelah pembekalan selesai kita kenalan, malu-malu, berusaha mencari guyonan, sembunyi dan diem aja biar gak dipilih jadi aparatnya KKN, sesekali senyum dan ketawa meskipun guyonannya gak lucu (krik). Dan yang terakhir kita foto bareng. Ini dia foto kita pertama kaliii.

(taraaa, ini lo kelompokku KKN)

 (coba tebak aku yang mana)
Survey tempat  (1)
Setelah kita saling kenal dan semakin akrab di chat kita berniat survey tempat. Tapii pas ini aku ngga ikut karena ada tugas negara. Jadi ngga bisa cerita banyaaak.
Hasil dari survey tempat ini yaituh, keadaannya Desa Tegalsari dan cari rumah atau kontakan yang bisa di tinggali sama mahasiswa kkn ini, ada beberapa pilihan dan referensi rumahnya tapi yang dipilih tetep kamu kok. (?)

First Meeting, in Gedung Pascasarjana
Kemudian kita ngadain kencan buta, eh bukan kencan sih kalo temen-temen bilang sih rapat hehe untuk bahas-bahas program kerja yang bisa dilakuin di Desaku yang tercinta, Tegalsari. Kebetulan aku datengnya telat karena ngelembur tugas negara, jadi ngga sempet tau awalnya gimana. Dan aku disana jadi ‘Silent Listener’ yang tugasnya cuma ketawa , senyum kalo ada yang lucu dan bilang “iyaa” , “setuju”  ngga terlalu ngaruh kehadiranku di rapat ini :’D yaa asal kelihatan datenglah yaaaw  :p hehe

Hasilnyaaa, beberapa program kerja dan menge-fix-kan rumah mana yang mau ditinggali dan juga tentang makanan dan juga lagi pembawaan barang-barang yang dirasa perlu bawa. Untuk barang yang dibawa dibagi siapa-siapa aja yang bawa, boleh apa aja yang dirasa perlu, kecuali barang dari mantan. Huh. say no! 

Survey tempat (2)
Naaah setelah itu, kita mau survey tempat lagi yang kedua kalinya. Lebih banyak dan kayaknya hampir semua yang ikut. Janjian di kampus jam 7 berangkatnya jam 9 -_- unch. Ada yang masih otw, bingung boncengan motor, bingung lewat mana, cari helm, cari pasangan *eh , dan lain-laiiin.
Kami pun berangkat, disini aku ngga sendirian. Aku sama temen ku jurusan akuntansi (tenang-tenang nantik tak kenalin jugaaa, gak nyesel kenal anak ini, nyesek yang iya :’3 hehe ) boncengan berdua. Sambil bawa kasur, selimut, sm bantal kalo gaksalah. Lainnya juga bawa-bawa barang biar nanti kalo berangkat beneran ngga bawa banyak barang. Bawa panci, pisau, piring, bantal, koper, setrika, de el el asal bukan barang dari mantan!

Oya ada cerita sedikit saat perjalanan menuju desaku, jadi temenku yang aku bonceng itu, yang anak akuntansi itu kan sebelumnya udah pernah kesana ikut yang survey pertama itu. Ketika tak tanyai “kamu tahu jalannya kan?” dia jawab “iya aku tau kok” (sebenernya percakapan ini dalam bahasa jawa, tapi biar keren dan formal saya translate kan ke bahasa indonesia ya :3) oke berangkatlah kita. Entah karena temen-temen sedikit ngebut atau saya yang terlalu pelan nyetirnya kami tertinggal di belakang. Akunya biasa aja karena aku merasa punya ‘gps’ yang ngakunya udah pernah kesana. Di jalan aku tanyai terus “ini masih lurus?” dia jawab “iya, masih lurus” , beberapa kali aku tanya hal yang sama dia ya jawabannya sama. Sampek kemudian dia tanya “ ini udah ketemu jalan yang nyabang itu belum?” , nah disinilah kepanikan terjadi... aku jawab “belum, kalo jalan yang nyabang bukan lewat sini. Tapi aku tau jalannya” , dia juga bingung “kok aku merasa asing sama jalan ini, kemarin perasaan bukan lewat sini”. Taraaaa, kita tersesat.  Dan di grup temen-temen sudah mengabari kalau mereka udah sampai di balai desa. Taraaa, kita semakin bingung. Karena aku sama dia baru pertama kali lewat situ :’) akhirnya aku bersyukur ada yang menciptakan aplikasi gugel maps yang tinggal ketik tujuan langsung diarahkan menuju jalan yang benar :’)

Kemudian kita ke balai desa. Buat perkenalan sama perangkat dan menyampaikan maksud dan tujuan. Kegiatan ya sambutan dan perkenalan satu persatu.

 (sama perangkat Desa Tegalsari)

 (iki lo kanca KKN ku :3 )
Dari balai desa kita menuju posko cewek, kita pertama lihat-lihat rumah yang bakal di tempati sama anak cewek. Jadi katanya tempat ini panti asuhan apa panti jompo ya? Gatau  apa tapi orang-orang kalau bilang cuma “panti”. Tempatnya luas banget, bisa buat gulung-gulung , ada beberapa kamar yang luas, mushola, dapur, tempat jemur baju, kamar mandi, teras yang luwuas, dan pemandangan belakang yang bernuansa pedesaan. 

Setelah itu kita ke posko laki-laki. Pas itu ngapain ya, kalo gak salah sih numpang pipis sama sholat hehe.

Setelah itu kan kita laper, karena belum tau makanan apa yang ada dan dijual disini apa aja kita pergi ke sebuah warung di depan pintu gerbang desa Tegalsari. Nama warungnya bagus, nama pahlawan wanita dari Indonesia , jualannya macem-macem lauk pauk, sayur-sayuran, minuman, krupuk, dll. Karena lapar yaudah ambil apapun yang kita inginkan asalkan kita kenyang kan? :3 naaah tapiii ketika bayar kita langsung laper lagi :’D harganya sebagus namanyaaa. Gak perlu menceritakan banyak, silakan coba sendiri kesana ;;)

Berangkat mengabdi di Desa Tegalsari
Disini , temen-temen ada yang janjian di kampus ada yang langsung berangkat. Aku langsung berangkat kesana karena barang bawaan saya sedikit sekali :’D

Dan aku menjadi orang pertama yang datang ke posko cewek ini. Sepiii. Beberapa menit kemudian temen-temen dateng. Kamipun mulai menata barang bawaan dan menentukan daerah mana yang akan kami gunakan untuk kamar sementara kita :p

Sebenernya aku pilih di tengah-tengah tapi setelah ku pertimbangkan lebih baik di pinggir aja karena disampingnya pasti ada ruang kosong buat naruh-naruh barang. Tapiii akhirnya aku gak jadi dipinggir, jadinya di nomer 2 setelah pinggir gapapalah asal bukan aku yang kamu pinggirkan dari hatimu. Eaaa.  

First Meeting in Tegalsari Village
(lanjut ke part 2 ya.....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar